Salah satu program kerja LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Asy-Syukriyyah adalah “explore dakwah”. Program ini dibuat dengan maksud meng-explore (memperluas) cakupan dakwah hingga ke luar negeri.

Sebelumnya LDK Asy Syukriyyah pada tahun 2017-2018 telah go regional dan nasional, yang merupakan suatu syarat agar dapat go international.
Melalui program ini, LDK Asy-Syukriyyah ingin melakukan suatu perbandingan yang dapat dikaji dari negara tujuan, sehingga hasil yang diperoleh dapat diaplikasikan ataupun dapat dijadikan rujukan dalam hal yang berkaitan dalam dakwah dan akademis (mahasiswa).

Negeri Matahari terbit menjadi tujuan LDK Asy Syukriyyah, dikarenakan negara tersebut memiliki semangat yang tinggi, disiplin dalam kehidupan dan sosial, yang sudah dikenal seantero asia. Budaya yang seperti itu merupakan akhlak yang mencerminkan akhlak islami.

Kegiatan

Pada tanggal 6 November 2018 LDK Asy Syukriyyah mengirimkan 1 personal untuk melakukan safari Dakwah di Jepang, kota tujuannya yaitu Osaka dan Kyoto. Mendarat pada Tanggal 7 November 2018 08.00 a.m. waktu Osaka dan sekitarnya, selisih waktu antara Jepang dan Indonesia yakni 2 jam lebih cepat dibandingkan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Osaka merupakan kota terbesar kedua di Negeri Samurai ini setelah tokyo, sedangkan kyoto berdekatan dengan kota Osaka. Kami mendarat di Bandara Internasional Kansai Airport, Osaka (KIX). Dalam proses masuk ke negara jepang ini kami berdua (delegasi LDK Asy Syukriyyah (Mabrur Latif) dan translator (Abdul Fatah) menyusuri daerah osaka menggunakan Nankai railway (kereta listrik jepang), dan menetap di hostel taiyo, menjelajahi daerah osaka castle dan osakajo, mencari informasi sejarah kerajaan jepang di osaka, menebar salam kepada orang orang sekitar dan turis turis yang kebetulan ada juga dari Indonesia.

Merupakan salah satu impian dari delegasi kami (Mabrur Latif ) dan Abdul fatah sebagai translator bahasa jepang dapat mengunjungi dan bertemu saudara dalam ikatan iman orang orang muslim yang berada disini. Masjid Kyoto sebagai destinasi selanjutnya setelah menelusuri Osaka, di Masjid ini merupakan salah satu pusat komunikasi dakwah islam diKyoto, banyak mahasiswa muslim, profesor, syeikh dari berbagai negeri berkunjung ke Masjid Kyoto ini untuk beribadah dan bersilaturahmi dengan saudara muslim yang lain. Tepat di Hari Jum’at kami berada di Kyoto sehingga kamipun turut ikut dalam jama’ah Shalat Jum’at di Masjid Kyoto ini.

Waktu diJepang menunjukkan dhuhur pada pukul 11.42 a.m namun Masjid Kyoto ini biasa melakukan kegiatan shalat Jum’at berjama’ah pada pukul 12.30 p.m waktu Bagian Kyoto dan sekitarnya. Di Masjid Kyoto ini kami disambut oleh teman sekaligus DKM Masjid Kyoto, beliau adalah Ust. Purwanto SE.,Sy. , asli indonesia beristrikan orang jepang yang kira kira 7 tahun beliau menetap diJepang. Di masjid Kyoto ini beberapa syeikh sering Berdakwah disini salah satunya yaitu syeikh Takeda asli Jepang (Alumni Al-Azhar Kairo,Mesir). Kami kagum terhadap mahasiswa disini yang berusaha menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan sesama muslim dan meminta nasihat dari Syeikh-syeikh yang ada diMasjid Khoto ini.

Salah satu nasihat yang kami resume sebagai berikut oleh Syeikh Takeda (alumni Al Azhar Asli jepang):
“Bersemangatlah untuk mencari ilmu dan Dakwah, saya tidak bisa banyak menasehati karena masih banyak kekurangan saya, masih banyak professor dan syeikh yang dapat dijadikan rujukan”. Maasya Allah disini kami masih menemukan banyak orang yang tawadhu dan sholeh yang masih mau berkontribusi untuk ummat, tak heran banyak juga orang asli jepang yang penasaran dengan Islam dan mendapat Hidayah disini.

Kegiatan kami di Jepang berlangsung selama 4 hari, yang mana kami lebih banyak menyempatkan waktu di daerah Kyoto, di tanggal 11 November 12.00 waktu Osaka dan sekitarnya, kami kembali ke Indonesia dengan membawa banyak pelajaran penting yang mudah-mudahan dapat diaplikasikan dan istiqomah. Aamiin.

Manfaat

Tujuan kami dalam study dan holiday ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, menyampaikan kembali pesan Dakwah yang telah kami dapat agar dapat meluas dan bermanfaat bagi lebih banyak orang, bahkan dalam Al-quran disebutkan dalam surat Ali Imran ayat 190-191 sehingga kami berada dijepang pun sambil bertafakur alam dan tadabbur Quran. Dalam program ini LDK Asy Syukriyyah menekankan kepada seluruh pengurus agar dapat Explore hingga ke luar negeri, meskipun dari biaya sendiri, karena insya Allah jika Berdo’a kemudian ditulis dalam buku impian dan selalu diikhtiarkan tidak menutup kemungkinan akan ditolong dan dipermudah Allah Subhanahuwata’ala.

Output

Dengan terlaksanya agenda Explore dakwah dan study banding ke Jepang ini, kami LDK Asy Syukriyyah telah memenuhi salah satu program kerja yang kami canangkan pada angkatan 2017-2018.
Menjadikan program study banding ini sebagai sarana untuk selalu belajar kepada yang ahlinya (Q.S An-Nahl : 43).
Kewajiban menuntut Ilmu bagi setiap muslim sehingga berbagai referensi-referensi yang didapat tidak hanya dijadikan tulisan namun juga sebagai amalan yanh dilakukan dalam kehidupan sehari hari.