Jakarta, Kamis 27 September 2018. Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Asy-Syukriyyah ikuti pembacaan deklarasi perdamaian dunia yg diadakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits se-Indonesia (FKMTHI) di UIN Syarif hidayatullah jakarta.

Deklarasi ini adalah puncak dan penutup dari serangkaian acara Harlah FKMTHI yang ke 18 dan Qur’an Hadits festival nusantara yang didalamnya diisi dengan berbagai macam lomba, seminar kebangsaan, serta bazaar yang dilaksanan mulai hari selasa 25 september lalu.

Adapun bunyi dari deklarasi perdamaian dunia tersebut:

DEKLARASI PERDAMAIAN DUNIA

Bismillahirrahmanirrahim Dengan menyebut nama Tuhan yang maha pengasih dan lagi Maha Bijaksana, Kami Forum Komunikasi Tafsir Hadis indonesia mendeklarasikan dan Menyatakan sikap tentang asas dan Hak Kemanusian, berbangsa, Bernegara dan beragama.

  1. Kami Forum Komunikasi Tafsir Hadis Indonesia menjungjung tinggi Nilai perdamaian dan persatuan Negara demi terwujudnya kesatuan Dunia
  2. FKMTHI akan menjadi garda terdepan dalam Menjaga kerukunan beragama, bermasyrakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Nilai-Nilai Quran dan Hadis.
  3. Mengedepankan sikap toleransi dan kemanusian demi menjungjung tinggi Ke-Maha Esaan yang Maha esa dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.
  4. Kami FKMTHI akan menjadi garda terdepan menolak dan mengencam intoleransi, terorisme, radikalisme, liberalisme dan kekerasan atas nama agama
  5. FKMTHI akan menjaga stabilitas kerukunan lintas agama
  6. FKMTHI akan menjungjung tinggi Nilai-Nilai pluralisme dan egalitarisme demi terbentuknya kerukunan dan perdamaian dunia

“Kita ikut menyerukan dan menyuarakan deklarasi ini agar terciptanya perdamaian baik antar ras, suku, bangsa ,dan agama,. Alhamdulillah Fkmthi sudah memotorinya dan Insyaallah kedepannya mudah-mudahan isi dari deklarasi ini bisa menyatukan kita tanpa adanya diskriminasi, kekerasan, atau bahkan tertumpahnya darah. Dan Insyaallah kami siap menjadi garda terdepan demi terciptanya perdamaian ini” ujar Mohammad Maskur (ketua HMP IAT stai asy-syukriyyah).

Dan diakhir acara diadakannya pengumuman lomba serta penampilan kombinasi tari nusantara yang dibawakan oleh mahasiswi-mahasiswi institut ilmu Al-Qur’an (IIQ) jakarta.