Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarakaatuh

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Pada pembukaan buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Landasan dari akreditasi sebuah intitusi pendidikan yakni :

  1. Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61).
  2. Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47)
  3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88).
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Prodi Ilmu al-Qur’an & Tafsir STAI Asy-Syukriyyah Tangerang yang berdiri sejak tahun 2014 berdasarkan SK Dirjen Diktis Kemenag RI Nomor 3656 tahun 2014. Berawal dari modal keyakinan dan semangat dakwah, kemudian bermodalkan 7 mahasiswa prodi IAT terus berjalan. Seiring berjalan nya waktu, mematangkan program marketting ke sekolah dan pesantren-pesantren, dari tahun ke tahun mengalami perkembangan jumlah mahasiswa, hingga pada tahun 2018 jumlah mahasiswa IAT mencapai 77 orang.

Atas dasar kebijakan pemerintah tentang mutu sebuah perguruan tinggi, maka prodi IAT melakukan proses akreditasi Program Studi dengan sistem SAPTO, dimana tim menyusun borang prodi dilakukan sejak Juli 2018 dengan melibatkan berbagai unsur, hingga pada tanggal 18 Oktober 2018 seluruh borang IAT telah di upload melalui SAPTO BAN-PT. pada tanggal 19 – 21 Maret 2019 telah dilakukan visitasi oleh asessor Ban-PT yaitu Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag dari UIN Alauddin Makassar dan Dr. A. Hasan Asyari Ulamai, M.Ag dari UIN Walisongo Semarang.

Alhamdulillah atas semangat dan kegigihan dari semua pihak pada tanggal 9 April 2019 telah terbit SK dan sertifikat Akreditasi dengan nilai 321 peringkat B. Semoga dengan hasil ini bisa membawa keberkahan dan kemajuan bagi Prodi IAT khususnya dan STAI Asy-Syukriyyah pada umumnya. Untuk itu kami dari tim mengucapkan terimakasih kepada :

  • Yayasan Islam Asy-Syukriyyah Tangerang
  • Ketua STAI Asy-Syukriyyah
  • Wakil Wakil Ketua STAI
  • Para Ketua Prodi dilingkungan STAI Asy-Syukriyyah
  • Ketua LPM dan LPPM
  • Para Dosen prodi IAT
  • Mahasiswa IAT dan alumni
  • Para Staff / tenaga Kependidikan

Semoga Allah membalas semua bantuan dan kerjasamanya dengan pahala yang berlipat ganda.

Terimakasih

TIM