Minggu, 4 Februari 2018, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syukriyyah mengadakan agenda Rihlah Bisnis ke Kampung Bisnis Tegalwaru Bogor dengan tema ASY-SYUKRIYYAH ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP DEVELOPMENT PROGRAM Goes To Kampung Bisnis Tegalwaru Bogor. Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh STAI Asy-Syukriyyah dibawah tanggung jawab Bapak Dahari, S.Sos., M.Pd.I selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi program studi Perbankan Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah semester akhir.  Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara STAI Asy-Syukriyyah yang diwakili oleh Bapak Dahari dengan Pihak Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor yang diwakili oleh Ibu Tatiek Kancaniati selaku Founder Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor, dimana kedua belah pihak akan bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini secara rutin setiap tahun dengan kuantitas peserta yang lebih banyak karena mengikutsertakan seluruh mahasiswa dari setiap program studi yang dimiliki oleh STAI Asy-Syukriyyah.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi oleh Ibu Tatiek Kancaniati selaku Founder dari Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Beliau memaparkan tentang perjuangannya dalam membangun desa yang merupakan kampong halamannya tersebut agar menjadi objek wisata dan dikenal oleh masyarakat umum. Diawali dengan niat untuk membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar tegalwaru, Ibu Tatiek berusaha untuk mensinergikan seluruh sumber daya yang ada untuk bias berkolaborasi demi kemajuan masyarakat. Selain itu, Ibu Tatiek juga memaparkan tentang potensi sumber daya alam dan budaya di setiap provinsi di Indonesia yang berpeluang untuk dijadikan objek wisata seperti yang ia lakukan di tegalwaru.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa titik wisata bisnis di Desa Tegalwaru. Kunjungan pertama ke tempat pengolahan tanaman Herbal yang merupakan usaha rumahan dari masyarakat desa tegalawaru. Dilanjutkan ke tempat pengolahan tas kulit asli dari desa tegalwaru yang sudah terjual ke seluruh daerah di Indonesia. Dipenghujung acara diisi dengan kegiatan menangkap ikan oleh mahasiswa STAI Asy Syukriyyah di lokasi pengembangbiakan ikan warga desa Tegalwaru bogor.

Tujuan dari Dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan serta motivasi kepada para mahasiswa/i STAI Asy-Syukriyyah tentang model wirausaha kreatif yang dimiliki oleh desa tegalwaru bogor agar bias menjadi inspirasi dalam melahirkan ide-ide bisnis keatif di daerah-daerah lain. Karena dalam kegiatan ini mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi namun juga melihat langsung ke tempat pengolahan produk-produk yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.