LAPORAN

HASIL RAPAT PIMPINAN KOPERTAIS I DKI JAKARTA

DENGAN PIMPINAN PTKIS

Hotel Rancamaya Bogor 15-17 Juli 2019

Bogor, senin – Rabu 15-17 Juli 2019, bertempat di Hotel Rancamaya Bogor dilaksanakan acara Rapat Kopertais dengan para Pimpinan PTKIS. Acara ini dihadiri oleh 64 orang pimpinan PTKIS di bawah binaan Kopertais I DKI Jakarta sebagaimana yang diharapkan oleh Wakil Koordinator, agar memiliki dasar yang kuat dalam membuat kebijakan tentang akreditasi institusi dan prodi serta mutu SDM. Khusus dari STAI Asy-Syukriyyah Tangerang mengutus saudara Supriadi. AM, M.Ag sebagai wakil ketua Bidang Akademik berdasarkan Surat Tugas Nomor : 014/ST/STAI-Asy/VII/2019.

Tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan terjalin komunikasi dan informasi dalam bentuk koordinasi antara Kopertais I DKI Jakarta dengan PTKIS yang ada dibawah binaannya, dan meningkatkan mutu pengelolaan dan mutu pelayanan. Kegiatan ini juga diharapkan banyak memberikan informasi yang valid tentang kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap Perguruan Tinggi Islam.

Rapat ini mengangkat agenda utama ; “Peningkatan Mutu PTKIS Berbasis Kerangka Akreditasi” dimana akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Akreditasi juga untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Data terakhir per 27 April 2016 yang dikeluarkan Kementrian Riset dan Teknologi ada 121 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 3.109 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah dikti (PT umum). Terdapat 76 Perguruan Tinggi Agama Negeri (PTAN) dan 958 Perguruan Tinggi Agama Swasta (PTAS) yang berada dibawah kementerian agama. Sementara ada 175 Perguruan Tinggi yang berada di bawah Kedinasan (PTK).

Rapat dibuka oleh Wakil Koordinator Kopertaiis Wilayah I DKI Jakarta Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA, diawali dengan penyampaian arahan beliau yang menyampaikan bahwa akreditasi institusi menjadi agenda utama bagi pengurus Kopertais I DKI Jakarta, sehingga harus ada upaya sungguh-sungguh dari peran para pimpinan PTKIS. Hal ini wajib dilakukan karena mengingat batas akhir submit SAPTO Institusi adalah tanggal 10 Agustus 2019. Oleh karena itu Kopertais Wilayah I DKI Jakarta berkomitmen menjadi pasilitator dan mengadakan program pendampingan bagi PTKIS yang belum terakreditasi Institusi. Jika sampai batas tanggal 10 Agustus 2019, maka perguruan tinggi tersebut akan ditutup. Program lain yang menjadi fokus Kopertais I DKI Jakarta adalah pengembangan SDM (Dosen) dengan peningkatan Jabatan Fungsional minimal Lektor Kepala, serta mutu Penelitian (Jurnal).

Dalam Rapim tahun ini, Kopertais I DKI Jakarta menghadirkan pembicara :

  1. Dr. SM. Widyatuti (Dewan Eksekutif BAN-PT)
  2. Hendro, Ph,D (Kasubdit IPTEK SDM Ristek Dikti)
  3. Suparto, Ph.D (Asessor BAN-PT)
  4. Dr. Phil. Kamaruddin Amir, MA (Dirjen Pendis Kemenag RI)
  5. Dr. Andi Faisal Bakti, Ph.D, MA (Wakil Rektor UIN Jakarta)

Sebelum menghasilkan keputusan, diadakan rapat komisi yang dibagi dalam 3 komisi yaitu :

  • Komisi A : tentang Kelembagaan dipimpin oleh Dian Nurbani
  • Komisi B : tentang Akademik dan Kemahasiswaan dipimpin oleh Ahmad Fauzan
  • Komisi C : tentang Ketenagaan dipimpin oleh Afried Lazuardi

Sehingga rapat komisi tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan dan komitmen dari pimpinan PTKIS diantaranya :

  1. Komitmen bersama dalam memaksimalkan akreditasi institusi dan prodi yang difasilitasi oleh Kopertais I DKI Jakarta.
  2. Komitmen bersama untuk mengadakan pelatihan, workshop dan pendampingan pengisian borang 9 kriteria dalam waktu segera yang difasilitasi oleh Kopertais.
  3. Komitmen mengembangkan prodi sesuai prosedur dan standar yang ditetapkan, dengan support dari kopertais I DKI Jakarta.
  4. Mendorong SDM (dosen) agar meningkatkan tingkat pendidikan sampai S3 dan meningkatkan kepangkatannya.
  5. Berkomitmen untuk mengurus SK Pendirian Institusi dan SK Penyelenggaraan yang belum terbit, dan berkomunikasi dengan pihak Kementerian.
  6. Komitmen meningkatkan koordinasi antara pimpinan PTKIS dengan Kopertais dalam semua permasalahan PTKIS.
  7. Merekomendasikan kepada pihak Kopertais I DKI Jakarta agar meningkatkan mutu pelayanan administrasi seperti NIRM, NIRL, Ijazah, Kepangkatan, Serdos, inpassing, Jurnal, dan lain-lain.

Acara ini ditutup pada tanggal 17 Juli 2019 jam 10.00 sesuai jadwal, oleh Wakor Kopertais I DKI Jakarta Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA.

Atas nama lembaga,  sivitas akademik STAI Asy-Syukriyyah mengucapkan terimakasih kepada pihak Kopertais I DKI Jakarta yang telah memberikan fasilitas dan dukungannya kepada PTKIS, agar menjadi lebih baik. Semoga Kopertais I DKI Jakarta menjadi yang terdepan. Aamin.

Tangerang, 18 Juli 2019

Supriadi. AM, M.Ag